Sabtu, 05 April 2014

MEMPERBAIKI TAMPILAN EXCEL CSV

MEMPERBAIKI TAMPILAN EXCEL Comma Separated Values File (.csv)


Salam blogger..


Pernahkah anda membuka file ms. excel dengan extensi .csv yang ketika anda open menjadi tidak beraturan?

Contoh:

Sebuah file dengan tampilan yang tidak terduga :) .. hehehe. Anda mengira ms. excel anda tidak compatible dengan filenya? atau mengira filenya rusak (error)? Anda telah mengutak-atik tapi belum nemu solusi?

Tenang mas broo, ini dia solusi pastinya (y)

Masalah utama mengakibatkan tidak beraturannya file yang anda open adalah pengaturan regionalnya atau regional setting. Regional settings adalah pengaturan atau setting yang terdapat pada sistem operasi aturan penulisan atau lambang dari suatu Negara tertentu. Karena setiap negara di dunia banyak memiliki perbedaan-perbedaan, maka Microsoft memberikan fasilitas untuk melakukan pengaturan yang disesuaikan dengan kebutuhan user yang bersangkutan. Contohnya seperti pengaturan penulisan tanggal dan waktu pada komputer, penggunaan tanda koma dan titik pada MS. EXCEL, dll. (sumber penjelasan regional setting)

Pada kasus diatas (extensi .csv) mari kita telusuri:

1. Klik tombol START (WINDOWS), ketik pada kolom search regional lalu klik/pilih change the date, time, or number format

2. Ganti format Indonesia (indonesia) menjadi English (United States) lalu klik OK
Menjadi

Sekarang coba buka FILE .CSV anda ... tadaaaaaaaaaaa \(^_^)/ ..
udah wokeeehh kan

Original posted by: wahyudi_anugra

3 komentar:

  1. Gan klo kita sudah rapiin tambilan excelnya di kasih warna kasih tabel tapi pas udhdi save trs dibuka lg tapi polos knp yah itu?

    BalasHapus
  2. thanks gan, ane coba praktek berhasil

    BalasHapus